Wisata religi adalah sebuah perjalanan atau kunjungan yang dilakukan baik individu maupun kelompok ke tempat dan institusi yang dianggap penting dalam penyebaran dakwah dan pendidikan Islam

Kita mulai wisata religi Banda Aceh kali ini dari persimpangan menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Terdapat sebuah masjid yang menjadi saksi kedahsyatan tragedi tsunami di Aceh. Masjid ini menjadi satu dari sedikit bangunan yang masih kokoh berdiri di kawasan Ulee Lheue ketika musibah itu terjadi. Meski ada beberapa masjid lain yang juga bertahan dari bencana tersebut, Masjid Baiturrahim menyimpan nilai historis yang lebih mendalam karena usianya yang panjang.

Wisata Religi : Bentuk fisik Masjid Ulee Lhee saat diterjang Tsunami Aceh Desember 2004

Yuk, mengenal kain songket Aceh yang unik dan khas

Wisata Religi Banda Aceh yang Bersejarah

Masjid Baiturrahim merupakan peninggalan Kesultanan Aceh. Masjid ini didirikan sekitar abad ke-17 dengan sebutan Masjid Jami’ Ulee Lheue (dibaca “olele” dalam dialek Belanda). Saat Masjid Baiturrahman dibakar oleh pasukan Belanda pada tahun 1873, warga Banda Aceh berbondong-bondong melaksanakan Shalat Jumat di masjid ini. Diperkirakan mulai saat itulah “baiturrahim” menjadi nama masjid ini.

Baca juga : 6 Destinasi Wisata Banda Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Pemerintah Hindia Belanda melakukan pemugaran pada masjid yang sebelumnya berkonstruksi semipermanen. Proses pemugaran selesai pada tahun 1923 dengan arsitektur baru yang amat dipengaruhi gaya Eropa. Ketika itu, masjid ini tidak memiliki kubah dan hanya mampu menampung sekitar 500 jamaah. Pada tahun 1981, atas bantuan Pemerintah Arab Saudi, kembali dilakukan pemugaran. Pemugaran kali ini memperluas sisi kanan dan kiri masjid, sehingga masjid dapat menampung sekitar 1.500 jamaah.

Hanya berselang dua tahun setelah dipugar, Banda Aceh diguncang gempa hebat. Banyak bangunan yang hancur akibat gempa tersebut. Sekitar 60% bangunan di sekeliling masjid hancur atau bahkan rata dengan tanah. Masjid ini pun tak luput terkena dampak. Kubah masjid runtuh. Saat dilakukan renovasi pasca gempa, bagian kubah dihilangkan sehingga bagian atas masjid hanya tertutup atap biasa. Selain gempa, masjid juga pernah diterjang banjir besar pada tahun 2001.

Masjid Baiturrahim berdiri kokoh di Ulee Lhee

Menjadi Saksi Dasyatnya Tsunami Aceh

Pada tanggal 26 Desember 2004, gelombang raksasa setinggi 21 meter menghantam pesisir utara Banda Aceh. Kawasan Ulee Lheue yang berada persis di tepi laut menjadi salah satu wilayah yang paling parah terkena dampak. Nyaris semua bangunan di wilayah ini rata dengan tanah atau hanyut terhempas gelombang ke arah pusat Kota Banda Aceh – beserta ribuan jiwa yang menjadi korban.

Keunikan Museum Tsunami menjadi tempat wisata terfavorit di Banda Aceh

wisata religi banda aceh
Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Ketika bencana tsunami itu terjadi, masjid ini tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur. Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

Pengurus masjid Baiturrahim, Muliadi (41), menceritakan setelah gempa 9,1 magnitudo, gelombang tsunami menerpa daratan hingga tiga kali. Namun di dalam masjid ini hanya 9 orang yang selamat setelah naik ke pucuk masjid. “Banyak warga yang masuk ke masjid, mereka sempat berusaha berenang karena air di dalam masjid kala itu cukup tenang. Namun saat gelombang tsunami ketiga kalinya, warga terseret arus. Mereka yang naik pancal masjid berhasil selamat,” kata Muliadi saat

Baca juga : Paket Tour Aceh : Rumoh Aceh Bernilai Estetis

Banda Aceh kota 1000 Masjid, menjadi daya tarik tersendiri dan kebanggaan rakyat Aceh, merupakan destinasi wisata religi untuk para wisatawan domestik maupun mancanegara

Sejarah Kopi : Minuman Iblis Hingga Viagra

Pasca tsunami, masjid ini menarik perhatian banyak pihak dari berbagai belahan dunia. Sebagai salah satu rumah ibadah yang selamat dari bencana, keberadaan masjid ini menjadi daya tarik wisata bernuansa religi selain Masjid Agung Baiturrahman dan Masjid Rahmatullah Lampuuk.

Pengunjung di wisata religi Banda Aceh Masjid Baiturrahim biasanya tidak sekadar mengabadikan situs bersejarah yang selamat dari berbagai bencana ini. Mereka biasanya menyempatkan diri untuk melakukan shalat di masjid ini. Pengurus masjid dan Pemerintah Kota Banda Aceh pun telah menyediakan fasilitas informasi bagi pengunjung.

Referensi dan sumber :

indonesiakaya.com : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/masjid-baiturrahim-saksi-kedahsyatan-tsunami-di-ulee-lheue

kumparan.com : https://kumparan.com/kumparannews/kisah-masjid-baiturrahim-yang-selamat-dari-amukan-tsunami-aceh-1539325167069238070

id.wikipedia.org : Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Demikianlah, gambaran sekilas tentang wisata religi Banda Aceh ke Masjid Baiturrahim Ulee Lheue yang menjadi saksi dasyatnya tsunami Aceh 2004 silam. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari kisah ini.