Ini pemandian air panas di Sabang dengan pesona yang menakjubkan

Sabang, terletak di paling ujung barat Indonesia menyimpan banyak potensi wisata. Baik pemandangan pantai tak kalah dengan suguhan alam di Bali, maupun potensi alam bawah laut yang mempesona.

Sabang ternyata tidak hanya menyuguhkan pesona alam terbentang luas bak permadani di jagat raya. Akan tetapi juga menyimpan potensi lainnya, yaitu tempat pemandian air panas yang banyak digemari masyarakat lokal maupun wisatawan.

Terletak di Gampong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, lokasi pemandian air panas yang memberikan sensasi tersendiri. Lokasi ini juga memberikan kesan dan pesona yang menakjubkan.

Eksotis alam Sabang tentu membuat para wisatawan terpikat dengan sajian pesona panorama yang lengkap, hingga pengunjung tak pernah bosan berada di pulau paling barat Indonesia.

Biasanya tempat pemandian air panas ini dipadati pengunjung pada setia akhir pekan. Baik warga lokal maupun wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung menikmati hawa panas di lokasi pemandian air panas.

Lokasinya pun tidak berjauhan, jika para pengunjung berjalan kaki hanya membutuhkan waktu lima menit dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Air panas ini bersumber dari semburan belerang dari gunung berapi Jaboy. Lokasinya lebih kurang 5 km dari lokasi pemandian.

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas, hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat kota. Sementara kalau para pengunjung bergerak dari pelabuhan Balohan Sabang, hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Wisatawan tidak perlu membayar saat mencoba menikmati air panas dari gunung Jaboy itu. Kendati demikian, tidak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas umum. Di lokasi pemandian air panas, pengunjung dengan mudah mendapatkan fasilitas umum.

Lukman, warga setempat mengatakan, ada beberapa lokasi semburan air panas yang berasal dari gunung berapi Jaboy. Lokasi pemandian air panas untuk umum ada dua penampungan dengan luasnya sekitar 7×4 centimeter dan di samping dua bak lagi sudah dipagar khusus untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

“Dua kolam pemandian air panas letaknya persis di bibir pantai sering dipadati pengunjung, baik penduduk lokal maupun wisatawan ketika libur akhir pekan,”

Sedangkan penampungan sebelahnya, kata Lukman, dikhususkan untuk kebutuhan rumah tangga. Di samping itu juga ada semburan air panas dengan kadar panasnya berkisar 50 derajat celcius, namun sayang airnya terus mengalir keluar tanpa dibendung dan tidak bisa dipergunakan.