Nama Pantai Iboih tentu tak asing lagi di telinga para pecinta jalan-jalan. Keindahan pantai yang berada di ujung utara Pulau Weh itu selalu menjadi destinasi wajib bagi para pelancong yang tengah berlibur ke kota paling barat Indonesia, Sabang.

Selain menikmati suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, pengunjung Pantai Iboih juga bisa melihat langsung “akuarium raksasa” di bawah laut Iboih.

Tak ketinggalan, santapan lezat berupa hasil laut yang segar juga menjadi daya tarik. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Iboih dalam waktu dekat, berikut adalah panduan lima cara terbaik untuk menikmati liburan di Pantai Iboih:

1. Snorkeling di Pantai Iboih Snorkeling adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan biota laut di Pantai Iboih. Tanpa harus menyelam ke dasar laut, Anda bisa bercengkrama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Dengan ongkos sewa sebesar Rp 45.000, Anda bisa menggunakan perlengkapan snorkeling lengkap seharian.

2. Menyelam di Pulau Rubiah Jika kurang puas snorkeling, Anda bisa menyelam untuk melihat keindahan Iboih dari kedalaman. Salah satu spot terbaik untuk melihat dasar laut yang indah ada di Pulau Rubiah. Di sana terdapat terumbu karang unik, baik yang sengaja dibuat maupun alami. Perlengkapan selam itu bisa disewa mulai dari Rp 400.000 lengkap dengan instruktur selamnya.

3. Sarapan di dermaga Iboih Inn Dari sekian banyak penginapan yang tersedia di Pantai Iboih, Iboih Inn merupakan salah satu yang paling laris. Sebab, lokasi dan desain penginapan itu sangat ideal. Mereka memiliki restoran mini yang berhadapan langsung dengan laut. Sambil memanjakan lidah, Anda bisa melihat laut biru yang tenang dan beragam jenis ikan yang berenang di dalamnya.

4. Menanti sunrise Pantai Iboih memang bukan spot yang baik untuk melihat matahari terbenam, tetapi lokasi ini cocok untuk menanti terbitnya matahari. Mulai pukul 06.00, sang surya akan terbangun dari tidurnya secara perlahan. Sinarnya akan terpancar dari balik perbukitan dan memunculkan pemandangan langit bernuansa kekuningan berhias awan tipis yang indah.

5. Menikmati kelezatan sate gurita Berkunjung ke Sabang tak lengkap kalau belum menikmati sate gurita. Sate ini biasa disajikan dengan paduan bumbu kacang, bumbu kecap, atau bumbu padang. Kalau sedang berlibur di Iboih, mampirlah sejenak ke Pulau Rubiah. Anda bisa menikmati kuliner khas Sabang ini sambil memandang lautan biru yang menyegarkan mata.