Nanggroe Aceh Darussalam merupakan sebuah provinsi di bagian barat Indonesia yang memiliki potensi wisata nan kaya raya. Mulai dari pariwisata alamnya, wisata edukasi, kebudayaan, kekayaan leluhur hingga wisata kuliner semua ada di Aceh. Provinsi dengan julukan Bumi Serambi Mekkah ini memang sudah lama dikenal oleh Mancanegara karena memiliki ragam wisata pesisir dengan keindahan yang mempesona. Bahkan di kota paling ujung dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yakni kota Sabang, ada sebuah pantai yang sangat unik dari pada yang lain. Dipastikan Keistimewaanya akan membuat anda segera ingin mengunjunginya. Penasaran pantai apakah itu? Dan seistimewa apa si dia? Yuk mari menjelajah bersama sama.

Perkenalkan, ini dia si ‘Hitam Manis’ dari Sabang, Pantai Anoi Itam.

Pantai Anoi Itam Pantai Anoi Itam - Dolan Dolen

Pantai Anoi Itam merupakan salah satu pantai andalan yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam. Tepatnya terletak di sisi timur Kota Sabang. Pantai ini berlokasi di Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.Pantai yang satu ini juga sering disebut dengan si Hitam manis. Julukan tersebut disematkan bukan tanpa alasan, karena memang pantai yang satu ini memiliki kecantikan tersendiri yang tak biasa. Keunikannya mungkin adalah satu satunya pantai yang berbeda dari pantai lainnya di Pulau Weh, bahkan di Aceh, yang pada umumnya memiliki pasir pantai berwana putih, Namun Pantai Anoi Itam ini memiliki pasir pantai berwarna hitam eksotis. Karena hal tersebutlah, tidak mengherankan jika pantai berpasir hitam ini mendapat predikat sebagai salah satu pantai tercantik di Tanah Air. Wah… secantik apa si ya? Penasaran deh! (hehe).

Asal usul terbentuknya Pantai Anoi Itam, eksotik, unik, menarik untuk ditelisik.

Eksotisnya Pantai Anoi Itam Eksotisnya Pantai Anoi Itam - Dolan Dolen

Mungkin sebagian dari anda merasa aneh dan penasaran dengan nama Pantai Anoi Itam. Ya sebenarnya, Nama Anoi Itam sendiri memang telah menggambarkan ciri khas dari pantai terebut. Anoi yang berarti pasir, dan itam yang berarti hitam. Sebenarnya, dalam bahasa Aceh, pasir disebut ano tetapi orang Lamnga sering menambahkan akhiran ‘i’ pada pengucapannya, sehingga kata ano menjadi anoi. Dari situlah nama Pantai Anoi Itam terus berkembang dan semakin dikenal luas. Dimungkinkan pasir berwarna hitam tersebut berasal dari gunung api yang masih aktif di Pulau Weh. Pasir hitam di Pantai Anoi Itam Sabang memiliki berat jenis berbeda dengan pasir hitam yang ada di pantai lainnya. Kandungan nikel yang tinggi dan komposisi mineral penyusunnya menyebabkan beratnya kurang lebih tiga kali lipat berat pasir hitam pada umumnya. Waw… jadi penasaran deh pingin kesana.