Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo.

10 Tempat di Pulau Weh yang Menjadikan Sabang Destinasi Liburan Wajib

10 lokasi wisata menarik yang harus didatangi ketika mengunjungi Pulau Weh. Jangan sampai dilewatkan begitu saja!

Pulau Weh, sebagai pulau paling barat di Indonesia dengan tugu nol kilometernya. Namun masih banyak pulau mungil di garda depan negeri ini yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Tetapi sekarang, ketika kita menyebut kata Sabang, yang langsung terlintas di benak kita adalah pulau kecil di ujung barat Indonesia dengan pantai indah dan surga bawah laut. Berikut ulasan Sutiknyo, kontributor Skyscanner Indonesia tentang 10 tempat wisata menarik yang harus dikunjungi ketika bertetirah ke pulau Weh.

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih adalah spot paling menarik karena fasilitas pariwisata di area ini lengkap sekali. Di kawasan ini terdapat sejumlah penginapan mulai dari kelas backpacker sampai yang mewah. Rental motor, mobil dan alat-alat snorkeling juga ada. Tak ketinggalan juga warung makan yang menyajikan beragam jenis masakan setempat, serta keberadaan Rubiah dive center semakin membuat tempat ini wajib dikunjungi di pulau Weh. Satu hari di pantai Iboih tidaklah cukup. Iboih juga dikenal dengan pantainya yang luar biasa indah dan Aar lautnya yang jernih seolah membuat perahu-perahu yang sedang bersandar di pelabuhan melayang.

pantai-iboih-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia

2. Tugu Nol Kilometer

Walau pemandangannya tidak terlalu spektakuler seperti spot lainnya, tugu nol kilometer memiliki nilai sejarah. Dari segi kepuasan pribadi, rasanya bangga jika sudah bisa sampai di titik nol kilmeter negeri ini. Selembar sertifikat yang menerangkan bahwa kita sudah sampai di ujung barat Indonesia juga bisa didapatkan di lokasi ini. Sertifikat itu dikeluarkan oleh dinas pariwisata kota Sabang. Jika ingin ke tugu nol kilometer di pulau Weh sebaiknya datang menjelang waktunya matahari terbenam karena sunset di tugu nol kilometer Sabang termasuk yang tercantik di tanah air.

tugu-nol-kilometer-sabang-pulau-weh-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

3. Spot pulau Klah

Tempat tanpa nama ini bagi Sutiknyo sangat direkomendasikan untuk berhenti sejenak ketika di pulau Weh dan menikmati keindahan alam Indonesia yang ditawarkannya. Cara menemukan spot ini, kalau dari arah kota Sabang menuju Iboih Anda akan menemukan sebuah warung yang sepertinya sudah terkenal karena menyediakan spot khusus untuk menikmati pemandangan pulau Klah yang ada di kejauhan.

pulau-weh-sabang-pulau-klah-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

4. Pantai Kasih

Pantai Kasih di pulau Weh terletak tidak jauh dari kota Sabang. Pasir pantainya sangat putih bersih, namun pantainya sendiri tidak terlalu luas karena dominasi bebatuan karang yang ada banyak. Tapi Anda tetap dapat berenang-renang asyik di pantai ini.

pantai-kasih-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

5. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah bersebelahan dengan pantai Kasih di pulau Weh. Hal yang menarik di pantai ini selain pasir putih dan air lautnya yang jernih adalah pantainya yang panjang sekali. Garis pantai yeng membujur seru untuk di jelajahi.

pantai-tapak-gajah-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

6. Pantai Sumur Tiga

Di pantai ini ada dua tempat menarik untuk di kunjungi: Casanemo dan Fredy’s. Keduanya memiliki café dan restoran yang menghadap langsung ke pantai Sumur Tiga. Pantai Sumur Tiga membujur panjang dan indah. Pantainya lebih panjang dari pantai Tapak Gajah. Pepohonan kelapa yang rimbun juga membuat pantai ini tidak terlalu panas untuk dikunjungi. Kesegaran sebutir kelapa muda di siang yang terik rasanya akan ninkmat sekali di santap di bawah pohon kelapa dengan pemandangan yang sempurna.

pantai-sumur-tiga-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

7. Pantai Anoi Itam

Sesuai namanya Anoi artinya pasir dan memang pantai ini berpasir hitam. Tapi jangan salah, pasir hitamnya yang luas dan landau juga menjadi spot menarik untuk berenang dan melakukan olah raga air. Konon kabarnya, menurut sejumlah penyelam, terumbu karang di lokasi ini lumayan bagus. Ada satu hal lagi yang menarik dari pantai Anoi Itam yaitu peninggalan sejarah benteng Jepang di salah satu sisi bukitnya.

pantai-anoi-itam-pulau-weh-sabang-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

8. Pantai Ujung Kareung

Pantai ini tidak memiliki area berpasir. Karena sesuai namanya _kareung _artinya karang. Jadi sebagian besar area lokasi ini merupakan bebatuan karang. Menurut keterangan warga lokal, terumbu karang di lokasi ini juga tak kalah bagus dengan pantai lain. Jadi,siapkanlah alat snorkeling jika ingin menikmati pesona bawah lautnya.

pantai-ujung-kareung-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

9. Pantai Pasir Putih

Pantai ini terletak agak menjauh dari pantaii yang disebutkan sebelumnya. Jika kita dari arah Sabang menuju Iboih nanti akan ketemu simpang tiga dengan papan petunjuk bertuliskan “Kenekai”. Iya pantai Pasir Putih ini berada di daerah Kenekai. Pantainya cukup tenang dan menyenangkan buat main air. Satu hal yang menarik indera penglihatan wisatawan adalah bentuk perahunya yang unik.

pantai-pasir-putih-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

10. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah letaknya di seberang Iboih. Kita bisa menyewa perahu dari Iboih untuk menyeberang ke pulau Rubiah. Lama penyeberangannya sekitar 15 menit. Namun ini tidak dianjurkan dan tidak dilarang. Pulau Rubiha memang sangat menawan. Pantainya indah berpadu dengan langit biru dan air yang teramat jernih. Jangan samapi melewatkan kesempatan untuk menikmati surga bawah lautnya.

pulau-rubiah-pulau-weh-sabang-banda-aceh-sumatera-indonesia-skyscanner

Cari Penerbangan Murah dan Hotel di Pulau Weh

Bagi Anda yang perlu terbang, bandara terdekat untuk menuju pulau Weh adalah Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) di Banda Aceh.